Eka Surya Online

Penerapan Teknologi E-Voting Sebagai Solusi Permasalahan Proses Pemilu Legislatif (Pemilihan anggota DPR) dan Eksekutif (Pilpres dan Pilkada)

Posted on: 9 Maret 2010

RINGKASAN

Penerapan Teknologi E-Voting Sebagai Solusi Permasalahan Proses Pemilu Legislatif (Pemilihan anggota DPR) dan Eksekutif (Pilpres dan Pilkada)

di Indonesia.

Oleh :  I Made Rai Indrayasa dan Putu Eka Surya Putra

Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling dan Pendidikan Kimia

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas MIPA

Undiksha

Pasal 1 ayat (2) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengatur dan menetapkan, bahwa ”Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang Undang Dasar”. Makna kedaulatan berada ditangan rakyat, dalam hal ini rakyat memiliki kedaulatan, tanggungjawab, hak dan kewajiban untuk secara demokratis memilih pemimpin yang akan membentuk pemerintahan gunamengurus dan melayani seluruh lapisan masyarakat, termasuk memilih wakil wakil rakayat untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Perwujudan kedaulatan rakyat dimaksud salah satunya dilaksanakan melalui pemilihan umum secara langsung. Dalam pelaksanaan voting atau pemilihan, sering terjadi kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh human error, atau disebabkan karena sistem pendukung pelaksanaan voting yang tidak berjalan dengan baik.

Penggunaan voting sebagai media untuk mencari keputusan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak telah dimulai sejak lama. Dalam pelaksanaannya, banyak terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh sebagian golongan masyarakat untuk kepentingan mereka sendiri. Hal ini menyebabkan timbulnya konflik di masyarakat, serta menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pihak penyelenggara voting dan pihak pemenang voting tersebut. Penggunaan teknologi informasi dalam proses voting diharapkan dapat membantu penyelesaian masalah-masalah tersebut. Akan tetapi, apakah e-Voting merupakan solusi yang tepat untuk diimplementasikan di Indonesia?, atau masih diperlukan banyak pembenahan sebelum implementasi e-Voting tersebut berhasil dilaksanakan di Indonesia. Sebagai contoh penerapan E-voting yang cuku sukses adalah yang dilakukan di Kabupaten Jembrana dimana pada pemilihan kepala desa telah diterapkan E-voting. Penerapan yang sukses ini mudah-mudahan dapat dikaji dan digeneralisasi dalam penerapannya pada proses pemilihan (pemilu) yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: