Eka Surya Online

Tahukah Kamu ???

Posted on: 5 Juli 2008

TAHUKAH KAMU ?

Tahukah kamu merupakan suatu rubrik yang membahas dan menjawab hal-hal kecil yang sering muncul dan menjadi pertanyaan di lingkungan sekitar kita namun kita tidak mengetahuinya dengan baik. Rubrik ini akan menjawabnya dengan singkat padat dan jelas.

1. Apakah Burung Kolibri itu?

Burung kolibri adalah salah satu jenis burung yang berukuran kecil. Ada beberapa spesies burung kolibri yang panjangnya dari ujung paruh hingga ujung ekor kurang dari 6 cm. Burung ini mempunyai paruh yang panjang dan runcing serta memiliki lidah yang panjang. Paruh ini digunakan untuk menghisap cairan manis (nectar) dari bunga. Keunikan kolibri yang lain adalah dimana burung ini dapat terbang di tempat dalam beberapa menit, bahkan burung ini dapat terbang mundur. Ketika terbang, burung kolibri dapat mengepakkan sayapnnya lebih dari 70 kali dalam satu detik.

2. Mengapa Hewan Tidur di Musim Dingin ?

Ketika musim dingin, udara terasa sangat dingin. Banyak hewan yang hidup di daerah yang mengalami musim dingin ini beradaptasi terhadap kejamnya keadaan lingkungan. Selain itu, juga beradaptasi dengan sedikitnya persediaan makanan dengan cara tidur sepanjang musim dingin. Kegiatan tidur sepanjang musim dingin ini disebut dengan hibernasi. Dengan kegiatan ini, hewan dapat menghemat energinya.

3. Bagaimana Hydra Berkembang Biak ?

Hydra merupakan hewan air tawar yang berukuran kecil. Bentuk tubuh hewan ini menyerupai tabung dengan cincin sungut (tentakel) yang menyengat. Hewan ini dapat berkembang biak dengan bertunas. Tunas kecil pada Hydra inilah yang akan tumbuh menjadi individu baru. Pada mulanya tunas ini diberi asupan makanan oleh induknya, kemudian ia akan berkembang dan menyembangkan sungutnya serta memisahkan diri dari tubuh induknya. Antonie Leeuwenhoek merupakan orang pertama yang melihat Hydra bertunas, yaitu pada tahun 1701.

4. Apakah Sebenarnya Rambut Jagug itu ?

Jagung memiliki rambut yang menyerupai benang-benang sutra. Rambut ini biasanya muncul di ujung tongkol jagung. Panjang rambut jagung ini dapat mencapai 30 ataulebih. Rambut jagung ini sebenarnya tangkai putik dan kepala putik. Kepala putik juga berukuran panjang dengan ujungnya yang lengket untuk menangkap serbuk sari yang diterbangkan angin.

5. Apa itu Partenokarpi ?

Partenokarpi adalah proses terbentuknya buah tanpa biji karena tidak terjadi penyerbukan sehingga tidak ada pembuahan. Buah partenokarpi dapat dibuat dengan memotong benang sari pada bunga yang siap mekar, sehingga dalam bunga itu hanya terdapat putik saja. Kemudian bunga tersebut ditutup dengan kapas lalu ditetesi dengan zat tumbuh seperti IAA atau GA. Penetesan IAA atau GA dilakukan setiap hari sampai tampak adanya perubahan secara morfologi.

1 Response to "Tahukah Kamu ???"

apa kepanjangan IAA dan GA..trus fungsinya apa selain zat tumbuh….

kunjungi karya aku yah..tingalkan jejak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: